14/08/10

Ripping DVD Dengan Avidemux




Pada postingan asenk kali ini asenk akan membahas tentang Ripping DVD Dengan Avidemux. Asenk yakin beberapa dari anda masih ada yang belum mengetahui cara Ripping DVD Dengan Avidemux berikut ini. Cara berikut ini sangatlah mudah untuk di jalankan dan juga di coba, bahkan bagi anda yang tidak mengerti sama sekali pun tentang Ripping DVD. Nah, buat anda yang ingin mencoba cara Ripping DVD Dengan Avidemux dari asenk berikut ini, silahkan di simak artikel berikut ini.


Anda ingin menonton DVD tanpa harus melalui DVD ROM, akan tetapi binggung untuk membuat file AVI dari DVD? Solusinya adalah, anda bias menggunakan Avidemux. Apa itu Avidemux? Avidemux adalah software canggih yang bersifat free alias gratis, yang di ciptakan oleh Maen dan berada di bawah bendera GPL. Avidemux disediakan untuk banyak system operasi seperti Linux, Max, Windows, dan BSD. Kegunaan dan fungsinya adalah untuk video editing seperti Cutting, Encoding, dan Filtering. Lebih hebatnya Avidemux mendukung banyak type yang termasuk di dalamnya yaitu DVD, VCD, AVI, MP4, dan masih banyak lagi.

Salah satu kesulitan dalam melakukan konversi atau lebih dikenal dengan sebutan Ripping ini adalah tidak cocoknya antara audio dan video setelah menjadi AVI. Berikut adalah bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut dan sekaligus cara untuk melakukan konversi yang memiliki ukuran yang lebih kecil tetapi memiliki kualitas yang sangat bagus untuk anda tonton.

Pada praktik di bawah ini menggunakan system operasi Ubuntu 8.10 dan sebuah film yang di kemas dalam keeping DVD. Perhatikan langkah-langkah dibawah ini yang akan membimbing anda melakukan konversi DVD ke format AVI.

1.Lakukan instalasi Avidemux dengan menggunakan Synaptic Package Menager atau melalui terminal. Untuk instalasi melalui terminal, jalankan perintah berikut :
$ sudo apt-get install avidemux
2.Persiapkan DVD anda dan salin isi dari DVD ke computer anda, dalam solusi ini isi DVD akan di salin ke folder / media / data/film. Gunakan perintah di bawah ini untuk menyalin isi dari DVD :
$ cp –R –L /media/cdrom0/* / media/data/film/
3.Buka aplikasi Avidemux pada menu Applications | Multimedia | Avidemur (Gtk+), kemudian klik ‘open’ dan cari isi DVD yang telah di salin pada folder ‘/media/data/film’ dan pilih VTS_01_1.VOB.
4.Anda akan diminta oleh Avidemux untuk melakukan index , klik ‘Yes’, dan Avidemux akan secara otomatis mendeteksi file VOB lainnya. Anda akan kembali diminta untuk menambahkan file VOB yang di deteksi, klik saja ‘yes’. Biarkan proses penambahan berlangsung tergantung banyaknya file yang di index.
5.Avidemux biasanya kesulitan untuk membaca Frame Rate yang dimiliki oleh DVD, Anda harus melakukan pengaturan manual pada menu Video | Frame Rate. Karena apabila Frame Rate tidak sesuai maka video dan Audio tidak akan sinkron, kita akan gunakan Frame Rate dengan besar 23,970.
6.Lakukan konfigurasi video, pada menu sebelah kiri Avidemuz pilih bagian Video dan klik ‘copy’, pilih x264 untuk encoding yang cepat, kualitas gambar dan ukuran yang kecil.
7.Kemudian klik Configure | Motion and Misc, pilih 7B – Ultra High (RDO on Bframes) pada ‘partition decision’ dan pilih exhaustive Search pada ‘Method’ dan ubah ‘Noise Reduction’ kemudian OK.
8.Kemudian giliran Audio, menu sebelah kiri Avidemux bagian Audio klik ‘copy’ pilih FFm untuk hasil suara yang lebih optimal. Klik ‘configure’ pilih ‘bitrate’ dengan ukuran 384 kbits pada drop down. Klik ‘Filters’, lalu pilih Dolby Prologic II pada ‘Mixer’.
9.Klik ‘save’ kemudian pilih lokasi dimana AVI akan disimpan dan jangan lupa menambahkan AVI pada nama film yang ingin anda konversi, misalnya [film.avi] dan kemudian ‘save’.
10.Setelah itu akan muncul jendela baru yang menunjukkan proses perubahan dari DVD ke AVI, pada proses ini biasanya memakan waktu yang cukup lama, tergantung dari besar ukuran film yang anda konversi. Setelah selesai anda sudah dapat menyaksikan DVD menggunakan file AVI dari hasil ciptaan anda sendiri.


SELAMAT MENCOBA SEMOGA BERMANFAAT



NB: Jangan Lupa Baca Yang Ini Juga Yaa :

0 komentar:

Posting Komentar