14/08/10

Cara Pembuatan Partisi Sistem Dan Swap Di Linux




Cara Pembuatan Partisi Sistem Dan Swap, buat anda yang belum mengerti bagaimana Cara Pembuatan Partisi Sistem Dan Swap, disini ini asenk akan jelaskan secara rinci dan detail Cara Pembuatan Partisi Sistem Dan Swap dengan mudah alias gampang. Silahkan anda baca tutorialnya berikut ini, inget jangan sampai ada satu langkah pun yang ke tinggalan ok.

Untuk dapat menginstalasi Slackware 12.2, dibutuhkan minimal sebuah partisi system dan partisi swap. Nah bagaimana cara pembuatannya? Berikut langkah-langkahnya :

1. Pada halaman command line root, anda harus melakukan proses partisi harddisk terlebih dahulu. Dalam contoh berikut ini, kita akan membuat dua buah partisi, yakni partisi system dan partisi swap pada sebuah harddisk kosong yang berukuran +/- 16 GB. Untuk pembuatan partisi Slockware menyediakan dua buah aplikasi, yaitu fdisk dan cfdisk. Nah pada contoh ini kita akan menggunakan perintah cfdisk atau cfdisk pada command line. Misalnya : cfdisk/dev/sda.
NB: Untuk mendapatkan parameter partisi harddisk, ketikkan perintah fdisk -1 di terminal.
2. Beberapa lama kemudian akan tampil halaman utama cfdisk. Pada halaman ini terlihat total partisi harddisk 16 GB yang belum dipartisi. Kita akan memulai partisi dengan membuat partisi system. Untuk itu pilih menu New, lalu tekan Enter.
3. Untuk pilihan tipe partisi, pilih primary untuk membuat partisi sebagai primary partition.
4. Pada pilihan size (in MB), isikan sesuai dengan kapasitas partisi system yang ingin anda buat. Sebagai contoh +/- 15000 MB untuk partisi system. Isikan 15000 pada halaman isian, lalu tekan enter.
5. Saat tampil halaman apakah anda ingin menempatkan partisi ini pada bagian awal atau akhir kapasitas harddisk, pilih beginning sebagai pilihannya.
6. Setelah membuat partisi system, berikutnya kita akan membuat partisi swap. Arahkan kursor ke sisa partisi yang FS Type-nya masih free space. Lakukan hal yang sama terhadap sisa kapasitas ini seperti pada langkah 3 sampai langkah 5 (kecuali ukuran, gunakan default untuk keseluruhan sisa sebagai isian).
7. Lanjutkan dengan mengubah file system masing-masing partisi. Untuk partisi system kita akan menggunakan file system ext3 (83) dan untuk partisi swap kita akan menggunakan file system linux swap (82). Arahkan kursor yang akan digunakan sebagai partisi system (yang 15000 MB), kemudian pilih menu type. Saat tampil konfirmasi enter file system type, isikan 83 sebagai pilihannya. Untuk partisi swap anda dapat melakukan hal yang sama seperti pada partisi system. Namun pada pilihan enter file system type, isikan 82 sebagai pilihannya.
8. Agar partisi system dapat diboot, arahkan kembali kursor pada partisi system yang telah di buat, lalu pilih menu bootable.
9. Setelah melakukan semua hal diatas, simpan hasil perubahan dengan memilih menu write. Saat tampil pertanyaan apakan anda ingin menuliskan semua langkah yang telah dilakukan di harddisk, ketik ‘Yes’ sebagai jawabannya.
10.Setelah proses pembuatan partisi anda rasa ok, pilin tab Quit untuk keluar dari cfdisk.

Pembuatan User Dan Login Ke Dekstop

Tahap akhir dari installasi Slackware 12.2 adalah sebagai berikut :

1.Setelah selesai restart, masuk ke halaman Slzckware dengan memilih menu Linux.
2.Saat tampil halaman login, masuk sebagai user root dengan mengetikkan root pada login, lalu masukkan password root anda.
3.Pada halaman prompt root #, buat user baru dengan menggunakan perintah adduser . Pada contoh ini akan dibuat user baru bernama mandra, maka anda cukup ketikkan perintah : # adduser mandra
Setelah itu ikuti saja dengan default wizard yang di berikan hingga proses pembuatan user selesai. Setelah selesai membuat user, berikan password untuk user tersebut dengan menggunakan perintah berikut : # passwd mandra
Lalu keluar dengan cara berikut : # exit
4.Dari prompt login, login kembali sebagai user yang baru saja nada buat. Dari prompt login user tersebut, ketik startx untuk masuk ke halaman X windows. Contoh : $ startx
5.Jika video card sudah terdeteksi dengan baik, maka anda sudah dapat menikmati desktop Slzckware 12.2



NB: Jangan Lupa Baca Yang Ini Juga Yaa :

0 komentar:

Posting Komentar